Pengertian augmented reality, apa sih AR..?

Spread the love

Yuk mengenal pengertian augmented reality.  Augmented Reality adalah merupakan suatu hasil dari kemajuan teknologi dimana terdapat penggabungan objek di dunia nyata dengan objek virtual yang saling berhubungan, yang kemudian disajikan secara langsung menggunakan alat berupa kamera dan komputer, “smartphone” dan “smart glass”.

Namun masih terdengar asing bagi masyarakat Indonesia. Padahal, Indonesia merupakan salah satu dari beberapa negara di dunia dimana bidang teknologi informasi berkembang begitu pesat dalam beberapa tahun ini.

Game Android Pokemon Go adalah salah satu game yang menggunakan teknologi Augmented reality. Kita bisa menemukan pokemon-pokemon yang tersebar dan melihatnya seolah nyata keberadaan dengan lingkungan sekitar melalui game ini.

https://graphicartsmag.com/app/uploads/2016/11/pokemongo.jpg

 

Ada berbagai macam metode dalam penyajian Augmented Reality diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Marker Based Tracking

Marker biasanya merupakan ilustrasi / gambar. Komputer/hp akan mengenali posisi dan orientasi marker dan menciptakan dunia virtual 3D yang menyatu dengan lingkungan nyata sekitar. Marker Based Tracking dikembangkan sejak 1980-an dan pada awal 1990-an mulai dikembangkan untuk penggunaan Augmented Reality. Awal kemunculan metode ini digunakan gambar dengan garis hitam dengan pola terentu. Dimana ketika kamera mengarah ke marker tersebut aplikasi akan membaca sebagai pemicu aplikasi untuk memunculkan konten virtual secara bersamaan pada layar.  Namun sekarang perkembangannya sudah semakin baik dimana ilustrasi/gambar sudah dapat berbentuk apa saja tidak lagi monoton seperti sebelumnya , sekarang sering disebut dengan istilah Image Tracking.

   a. Gambar marker sederhana

http://global-technonews.blogspot.com/2016/07/teknologi-augmented-reality-dalam.html

    b. Marker berupa gambar karakter dan berwarna.

https://image.winudf.com/v2/image/Y29tLkFuYW50YXJ1cGFTdHVkaW9zLkNob2tpQ2hva2lBUkJvYm9pYm95X20wbDVpN3Ex/screen-1.jpg?h=355&fakeurl=1&type=.jpg

 

  1.  Face Tracking

Komputer/smartphone dapat mengenali wajah manusia secara umum dengan cara mengenali posisi mata, hidung, dan mulut manusia, kemudian akan mengabaikan obyek lain di sekitarnya dan memunculkan objek digital lainnya. Seperti yang digunakan pada isntagram, snapchat ataupun sosial media lainnya dimana kita bisa seolah-olah mempunyai telinga kelinci dan lainnya.

https://hips.hearstapps.com/cos.h-cdn.co/assets/16/29/1600×800/landscape-1468956172-dog-snap.jpg?resize=768:*

 

  1.  3D Object Tracking

Berbeda dengan Face Tracking yang hanya mengenali wajah manusia secara umum, teknik 3D Object Tracking dapat mengenali semua bentuk benda yang ada disekitar, seperti meja, kursi, motor, mobil, bangunan atau lainnya kemudian memunculkan objek virtual lain secara bersamaan untuk memberikan informasi dari objek yang dikenali.

https://thumbor.forbes.com/thumbor/960×0/https%3A%2F%2Fblogs-

 

  1.  Motion Tracking

Untuk metode yang satu ini, perangkat komputer/smartphone mengenali gerakan dari objek kemudian memunculkan objek virtual secara besamaan. Motion Tracking telah mulai digunakan secara ekstensif untuk memproduksi film-film yang mencoba mensimulasikan gerakan.

http://arcstreamav.com/admin/img/cke/1407355307_ar1.JPG

 

http://x-tech.am/wp-content/uploads/2014/04/newaug.jpg

 

  1. Gyro and GPS sensor Tracking

Gyroscope adalah perangkat untuk mengukur atau mempertahankan orientasi, yang berlandaskan pada prinsip-prinsip momentum sudut (x,y,z). Secara mekanis, gyroscope berbentuk seperti sebuah roda berputar atau cakram di mana poros bebas untuk mengambil setiap orientasi. Pada smartphone, Gyro sensor bisa mendeteksi gerakan sesuai gravitasi, atau dengan kata lain mendeteksi gerakan pengguna. 

Dengan memanfaatkan sensor gyroscope dan fitur GPS (koordinat) sebagai pemicu, aplikasi akan membaca data keberadaan pengguna yang kemudian memunculkan objek virtual secara bersaaman pada layar smartphone pengguna. Metode ini merupakan metode yang sedang banyak dikembangkan saat ini.

Aplikasi game Pokemon Go adalah salah satu aplikasi yang mempopulerkan metode ini. Mereka menempatkan para pokemon di titik atau koordinat tertentu dimana ketika pemain mendekati zona tersebut dengan sensor gyroscope yang ada di smartphone, konten game / pokemon akan dapat ditemui di lokasi tersebut secara nyata.

https://i2-prod.dailyrecord.co.uk/incoming/article8420407.ece/ALTERNATES/s615/p6.jpg

 


Spread the love

3
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
3 Comment authors
Random Internet GuybayuWahyu HidayatRecent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Wahyu Hidayat
Member
Wahyu Hidayat

Artikel yang bermanfaat , Good Job

bayu
Editor

Terimakasi mas wahyu… semoga bermanfaat dan industri digital kreatif di Indonesia semakin berkembang.

Random Internet Guy
Guest
Random Internet Guy

Info menarik